Bandwagon Effect: Analisis Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Perilaku Investasi Saham Mahasiswa

Authors

  • Irfan Helmy Universitas Putra Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.58471/jeami.v2i01.289

Keywords:

Bandwagon Effect, Literasi Keuangan, Motivasi, Minat Berinvestasi, Saham

Abstract

Perilaku investasi generasi muda menjadi fenomena yang menarik untuk diteliti, terutama sejalan dengan perkembangan sosial media. Saat ini semakin banyak influencer dan artis yang berinvestasi saham dan mengunggahnya di sosial media. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh bandwagon effect dan literasi keuangan terhadap minat berinvestasi saham. Selain itu, penelitian ini juga menguji variable motivasi sebagai pemediasi. Responden dalam penelitian ini berasal dari perguruan tinggi di Kabupaten Kebumen, yaitu Universitas Putra Bangsa dan IAI Nahdatu Ulama (IAINU) sebanyak 235 mahassiwa. Untuk pengujian hipotesis, penelitian ini menggunakan bantuan software SMART PLS v.3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bandwagon effect dan literatur keuangan berpengaruh terhadap minat mahasiswa berinvestasi saham. Variable motivasi terbukti secara signifikan mampu memediasi pengaruh bandwagon effect dan literatur keuangan terhadap minat berinvestasi saham. Penelitian ini memberikan new insight tentang perilaku berinvestasi saham generasi muda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amhalmad, I. and Irianto, A., 2019. Pengaruh Pengetahuan Investasi dan Motivasi Investasi Terhadap Minat Berinvestasi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Jurnal EcoGen, 2(4), pp.734-746.

Cahya, B.T., 2019. Pengaruh Motivasi dan Kemajuan Teknologi Terhadap Minat Investasi Saham. Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Keislaman, 7(2), pp.192- 207.

Darmawan, A. and Japar, J., 2020. Investment Knowledge, Minimal Capital, Capital Market Training and Motivation for Influence of Investment Interest in Sharia Capital Markets. International Journal of Islamic Economics & Business Management in Emerging Market (IJIEBMEM), 1(01), pp.1-10.

Dewi, M.K. and Tamara, D., 2020. The Intention to Invest in Retail Bonds in Indonesia. Academic Journal of Interdisciplinary Studies, 9(5), pp.188-188.

Dewi, I.M. and Purbawangsa, I.B.A., 2018. Pengaruh Literasi Keuangan, Pendapatan Serta Masa Bekerja Terhadap Perilaku Keputusan Investasi. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 7(7), p.1867.

Forddanta, D. H. (2021) No Title, Kontan. Available at: https://investasi.kontan.co.id/news/investor-muda-meningkat-bei-menekankan- pentingnya-edukasi-tentang-pasar-modal#:~:text=KONTAN.CO.ID - JAKARTA,75%25 dari total investor domestik. (Accessed: 8 March 2020).

Hamdan, T. (2021) No Title, Detik Finance. Available at: https://finance.detik.com/bursa-dan-valas/d-5321842/saham-mcas-naik-8-setelah- raffi-ahmad-ari-lasso-pamer-di-sosmed (Accessed: 8 March 2021).

Kastanakis, M.N. and Balabanis, G., 2012. Between the mass and the class: Antecedents of the “bandwagon” luxury consumption behavior. Journal of Business Research, 65(10), pp.1399-1407.

Lim, H.S., Bouchacourt, L. and Brown‐Devlin, N., 2020. Nonprofit organization advertising on social media: The role of personality, advertising appeals, and bandwagon effects. Journal of Consumer Behaviour.

Oyedele, A. and Goenner, E., (2020). Propensity to use smartbands to engage with brands and the moderating role of the bandwagon effect on satisfaction. Journal of Consumer Behaviour. pp. 1–16. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.08.038.

Pangestika, T. and Rusliati, E., 2019. Literasi Dan Efikasi Keuangan Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Di Pasar Modal. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 12(1), pp.37-42.

Pramana, I.A B. and Badera, I.D.N., 2017. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Risiko Investasi Saham. E-Jurnal Akuntansi, 18(3), pp.1860-1887.

Raut, R. K. (2020) ‘Past behaviour , financial literacy and investment decision- making process of individual investors’, International Journal of Emerging Markets, 15(6), pp. 1243–1263. doi: 10.1108/IJOEM-07-2018-0379.

Sarwar, D. et al. (2020) ‘Relationship of the Big Five Personality Traits and Risk Aversion with Investment Intention of Individual Investors’, The Journal of Asian Finance, Economics, and Business, 7(12), pp. 819–829. doi: 10.13106/jafeb.2020.vol7.no12.819.

Sitinjak, J.L., Afrizawati, A. and Ridho, S.L.Z., 2021. Pengaruh Pengetahuan Investasi dan Literasi Keuangan terhadap Keputusan Berinvestasi Mahasiswa Politeknik Negeri Sriwijaya di Pasar Modal. Jurnal Terapan Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Bisnis, 1(3), pp.134-141.

Sudarsono, M.C.S.R., 2015. Using theory of planned behavior in predicting intention to invest: Case of Indonesia. International Academic Research Journal of Business and Technology, 1(2), pp.137-141.

Downloads

Published

2023-10-30

How to Cite

Helmy , I. (2023). Bandwagon Effect: Analisis Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Perilaku Investasi Saham Mahasiswa . Jurnal Ekonomi, Akuntansi Dan Manajemen Indonesia (JEAMI), 2(01), 97–104. https://doi.org/10.58471/jeami.v2i01.289