Strategi Pengembangan Distribusi Ekonomi Kreatif Di Provinsi Jambi

Authors

  • Nova Erliyana Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi
  • Dimas Ilham Cahya Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi
  • Aditya Nasrullah Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi
  • Maya Lisdiana Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi
  • Khismil Masrur Roikha Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi
  • Faiiza Putri Codia Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi
  • Fahrurrozi Fahrurrozi Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi

Keywords:

Ekonomi Kreatif, Strategi Pengembangan, Sumber Daya Manusia

Abstract

Ekonomi kreatif merupakan sebuah konsep era ekonomi baru yang memperkuat informasi dan kreativitas, dengan menggunakan ide dan pengetahuan sumber daya manusia sebagai faktor produksi utama. Keberadaan ekonomi kreatif sangat penting bagi pemerintah untuk memperkuat perekonomian khususnya sektor riil. Industri kreatif sendiri dapat mendukung perekonomian lokal dan mendukung pembangunan daerah dalam jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan ekonomi kreatif di Provinsi Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang mendeskripsikan suatu fenomena yang menjadi dasar utama dilakukan penelitian ini. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 1) Memberikan insentif pada pelaku usaha, 2) Membuat roadmap ekonomi kreatif, 3) Mengadakan pelatihan ekonomi kreatif, 4) Memberikan perlindungan hukum untuk produk ekonomi kreatif, 5)Mempersiapkan investor untuk pengembangan, 6) Membuat event marketing untuk memperkenalkan produk ekonomi kreatif.

References

Aysai, I. R. (2020). Straitiegi Piengiembaingain iEkioniomi Krieaitif di iErai Digitail. Jurnail Ait-Taimwil: Kaijiain iEkioniomi Syairiaih, 2(2), 121–138. https://dioi.iorg/10.33367/ait.v2i2.1337

Daiulaiy, Z. Ai. Ai. (2018). Straitiegi Piengiembaingain iEkioniomi Krieaitif Diengain Mietiodie Triplie Hielix (Studi Paidai UMKM Krieaitif di Kiotai Miedain). Tainsiq, 1(2).

Diestiemi iElsi, S., & Baifaidhail, F. (2019). Pieningkaitain Pairtisipaisi Maisyairaikait Dailaim Piengiembaingain iEkioniomi Krieaitif Mielailui Bumdies Di Diesai Tainjung Lainjut Siekiernain Muairio Jaimbi. RAiMBIDiEUN : Jurnail Piengaibdiain Kiepaidai Maisyairaikait, 2(2), 33–37. https://dioi.iorg/10.51179/pkm.v2i2.187

Maiyaisairi, N. (2019). Straitiegi piengiembaingain umkm bierbaisis iekioniomi krieaitif di kiotai pailiopio. Jiournail iof Islaimic Mainaigiemient aind Bussinies, 2(1), 9–22.

Naiwaiwi, I., Ruyaidi, Y., & Kiomairiaih, S. (2015). Piengairuh Kiebieraidaiain Industri Tierhaidaip Kiondisi Siosiail iEkioniomi Dain Budaiyai Maisyairaikait Diesai Laigaidair. Siosiietais, 5(2). https://dioi.iorg/10.17509/siosiietais.v5i2.1528

Rusfai, D. R., & Haisainaih, K. (2022). Pierain iEkioniomi Krieaitif Di Bidaing Kulinier Khais Priovinsi Jaimbi Paidai Maisai Paindiemi Ciovid-19. JAiAiB: Jurnail iOf Aippliied Aicciounting Aind Businiess, 4(1), 1–6.

Sugiyionio. (2017). Mietiodie Pienielitiain Kuaintitaitif, Kuailitaitif, R & D. Baindung : Ailfaibietai.

Swaistuti, iE., & Pudjiairti, iE. S. (2020). Straitiegi Piengiembaingain iEkioniomi Krieaitif Miendukung Daiyai Saiing Daiieraih Kiotai Taingieraing. Jurnail Pienielitiain Aidministraisi Publik │, 7(1), 25–40. http://jurnail.untaig-sby.aic.id/indiex.php/jpaip/airticlie/viiew/5168

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Erliyana, N., Cahya, D. I., Nasrullah, A., Lisdiana, M., Roikha, K. M., Codia, F. P., & Fahrurrozi, F. (2023). Strategi Pengembangan Distribusi Ekonomi Kreatif Di Provinsi Jambi. Jurnal Ekonomi, Akuntansi Dan Manajemen Indonesia, 2(02), 55–62. Retrieved from https://jurnal.seaninstitute.or.id/index.php/Juemi/article/view/430