Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen
Keywords:
Pemasaran Online, Keputusan Pembelian, KonsumenAbstract
Penelitian ini mengeksplorasi dampak strategi pemasaran online, termasuk media sosial, iklan digital, konten pemasaran, dan optimisasi mesin pencari, terhadap perilaku dan keputusan pembelian konsumen. Melibatkan 500 responden dengan pendekatan kuantitatif, studi ini mengungkapkan hubungan positif yang kuat antara interaksi merek dengan konsumen di media sosial dan kepercayaan konsumen terhadap merek. Personalisasi iklan digital dan strategi retargeting terbukti meningkatkan intensi pembelian, sementara konten pemasaran informatif dan optimisasi mesin pencari membangun kepercayaan dan memengaruhi keputusan pembelian. Implikasi teoritis menyoroti pentingnya interaksi autentik dengan konsumen, sementara implikasi praktis menekankan keterlibatan aktif di media sosial, personalisasi iklan digital, dan investasi dalam konten berkualitas dan optimisasi mesin pencari. Meskipun memberikan wawasan berharga, penelitian mendatang disarankan untuk mengeksplorasi faktor demografis dan mengadopsi pendekatan longitudinal guna memahami perubahan perilaku konsumen seiring waktu dan teknologi. Pemahaman mendalam ini memungkinkan perusahaan merancang kampanye pemasaran online yang lebih efektif, meningkatkan keterlibatan konsumen, dan memperoleh keunggulan kompetitif di pasar yang terus berkembang ini.
References
Setiawati, I., & Widyartati, P. (2017, May). Pengaruh strategi pemasaran online terhadap peningkatan laba UMKM. In Proceedings (Vol. 1, No. 1).
Jati, W., & Yuliansyah, H. (2017). Pengaruh strategi pemasaran online (online marketing strategy) terhadap minat beli konsumen. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 125.
Fikri, M. H., & Sahdandi, S. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Sepatu. Jurnal Bisnis Mahasiswa, 1(1), 7-11.
Kemarauwana, M., & Chotim, L. F. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Online dan Offline terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli Ulang Konsumen pada Konsumen Pembelian Produk Makanan Cepat Saji di Kota Surabaya. EBIS: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(2), 19-32.
Supandi, A., & Johan, R. S. (2022). Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Pendapatan Pelaku Umkm Di Kecamatan Cilandak. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 9(1), 15-24.
Biasa, K. M., Tumbel, A. L., & Walangitan, M. D. (2021). Pemanfaatan sistem pemasaran online dan strategi pemasaran dalam menigkatkan pembelian konsumen pada masa pandemic covid-19 (study kasus online shop Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(2).
Sopiyan, P. (2019). Pengaruh Strategi Harga dan Visual Merchandising terhadap Keputusan Pembelian Online. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, 3(2), 193-205.
Sopiyan, P. (2019). Pengaruh Strategi Harga dan Visual Merchandising terhadap Keputusan Pembelian Online. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, 3(2), 193-205.
Nurdin, M. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Islami Terhadap Keputusan Pembelian Thrifting di Instagram pada Masyarakat Surabaya. Nomicpedia: Journal of Economics and Business Innovation, 1(2), 89-101.
Nurdin, M. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Islami Terhadap Keputusan Pembelian Thrifting di Instagram pada Masyarakat Surabaya. Nomicpedia: Journal of Economics and Business Innovation, 1(2), 89-101.
Lubis, L. A. (2019). Pengaruh strategi pemasaran terhadap keputusan pembelian pada konsumen online shop dalam perspektif islam (studi kasus arimbi hijab) (Doctoral dissertation).
Fadly, H. D., & Sutama, S. (2020). Membangun pemasaran online dan digital branding ditengah pandemi covid-19. Jurnal Ecoment Global, 5(2), 213-222.
Fajriani, N., Nurliani, N., & Husain, T. K. (2022). PENGARUH STRATEGI PEMASARAN ON-LINE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK OLAHAN PISANG. Wiratani: Jurnal Ilmiah Agribisnis, 5(2), 136-148.