Pengaruh Promosi Dan Persepsi Kemudahan Dalam Penggunaan E-Wallet Shopeepay Terhadap Keputusan Pembelian Pada Masyarakat Kota Medan

Authors

  • Ajrina Putri Hawari Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sumatera Utara
  • Kartini Harahap Universitas Sumatera Utara

Keywords:

Promosi, Persepsi Kemudahan, Keputusan Pembelian

Abstract

Salah satu jenis fintech yang paling banyak digunakan adalah dompet digital (E-wallet) ShopeePay. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan persepsi kemudahan dalam penggunaan e- wallet ShopeePay terhadap keputusan pembelian pada masyarakat Kota Medan. Pengaruh antara promosi dan persepsi kemudahan tersebut akan dianalisis secara parsial dan secara simultan terhadap keputusan pembelian. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode pendekatan asosiatif. Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik purposive sampling dan menggunakan 100 responden sebagai sampel. Data primer yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dengan menyebarkan kuesioner melalui google form sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis.. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa variabel Promosi (X1) dan Persepsi Kemudahan (X2) berpengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun bersama-sama (simultan) terhadap keputusan pembelian (Y). Uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang cukup erat antara promosi dan persepsi kemudahan terhadap keputusan pembelian dengan nilai R sebesar 0,728. Melalui nilai adjusted R square juga diketahui variabel promosi dan persepsi kemudahan berkontribusi sebesar 52% terhadap variabel keputusan pembelian.

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Hawari, A. P., & Harahap, K. (2023). Pengaruh Promosi Dan Persepsi Kemudahan Dalam Penggunaan E-Wallet Shopeepay Terhadap Keputusan Pembelian Pada Masyarakat Kota Medan. Jurnal Ekonomi, Akuntansi Dan Manajemen Indonesia, 2(01), 27–40. Retrieved from https://jurnal.seaninstitute.or.id/index.php/Juemi/article/view/90