LITERASI BISNIS DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN UMKM

Authors

  • Sulis Riptiono Universitas Putra Bangsa

Keywords:

UMKM, Literasi Digital, Pemasaran, Bisnis, Kebumen

Abstract

Perkembangan bisnis digital pada saat ini semakin pesat. Digitalisasi memegang peranan yang sangat penting dalam sebuah bisnis khususnya bagi UMKM untuk meingkatkan penjualan produk mereka. Konsumen dapat mengakses produk dengan mudah melalui layanan digital yang diberikan oleh pada penyedia layanan. Dengan demikian, tujuan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada pelaku UMKM di Kabupaten Kebumen tentang Literasi Bisnis Digital yang diikuti oleh 25 pelaku bisnis. Hal ini sesuai dengan salah satu program pemerintah untuk membantu UMKM dalam dalam mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam menjalankan bisnis mereka, yang dikenal dengan Program UMKM go Digital. Dengan kegiatan ini, diharapkan para pemilik UMKM lebih memahami dan meningkatkan literasi mereka tentang bisnis digital sehingga mampu meningkatkan kinerja pemasaran bisnis mereka.

References

Ahmad, I. F. (2022). Urgensi Literasi Digital di Indonesia pada Masa Pandemi COVID-19: Sebuah Tinjauan Sistematis. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 1–18. https://doi.org/10.14421/njpi.2022.v2i1-1

Firmansyah, D., Saepuloh, D., & Dede. (2022). Daya Saing : Literasi Digital dan Transformasi Digital. Journal of Finance and Business Digital, 1(3), 237–250. https://doi.org/10.55927/jfbd.v1i3.1348

Garzoni, A., De Turi, I., Secundo, G., & Del Vecchio, P. (2020). Fostering digital transformation of SMEs: a four levels approach. Management Decision, 58(8), 1543–1562. https://doi.org/10.1108/MD-07-2019-0939.

Hasan, M., Santoso, I., Syahfitri, D., & Karoma, S. (2021). Literasi Kewirausahaan dan Literasi Bisnis Digital Pada Generasi Milenial Pelaku Usaha: Perspektif Kirzerian Entrepreneur. Journal of Business Management Education |, 6(1), 28–39.

Keminfo. (2021). Literasi Digital Jadi Kunci Keberhasilan Transformasi Digital. Kementerian Komunikasi Direrktorat Jenderal Aplikasi Informatika. Diakses tanggal 10 September 2022.

Muttaqim, Z., Ningsih, F. A., & Sholihuddin, M. (2021). Penguatan Ekonomi Rumah Tangga dengan Literasi Bisnis Digital pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Kendung dan Medokan Ayu – Kota Surabaya. VIVABIO: Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 3(2), 35. https://doi.org/10.35799/vivabio.3.2.2021.35683

Pakidulan, E. L. D. : P. T. D. P. U. S. (2021). Social media, space and leisure in small cities. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(7).

Downloads

Published

2023-05-09

How to Cite

Riptiono, S. (2023). LITERASI BISNIS DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN UMKM . Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia SEAN (ABDIMAS SEAN), 1(02), 30–33. Retrieved from https://jurnal.seaninstitute.or.id/index.php/abdimas/article/view/107