SERI WEBINAR ISOMER: BERBAGI PRAKTIK BAIK PEMBELAJARAN INOVATIF
Keywords:
webinar berbagi praktik baik, PPSKI Banten, Platform Merdeka Mengajar, Pembelajaran inovatifAbstract
Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi menyediakan fitur Komunitas pada Platform Merdeka Mengajar sebagai fasilitias untuk komunitas belajar mendaftarkan dan mensosialisasikan kegiatan webinar. Kegiatan Webinar Isomer Seri I dan II ini bertujuan untuk memfasilitasi kegiatan praktik baik pembelajaran yang telah dilakukan guru-guru, khususnya guru kimia, untuk diseminarkan kepada guru-guru lain secara virtual. Tema praktik baik yang diseminarkan berkaitan dengan pembelajaran inovatif. Kegiatan webinar dilakukan dalam dua seri yang masing-masing menghadirkan dua narasumber. Topik Webinar Isomer Seri I adalah Asyiknya Belajar dengan Etnosains STEAM dan Ice Breaking untuk Merdeka Belajar. Topik Webinar Isomer Seri II adalah Flash Card sebagai Media Alternatif Pembelajaran dan Konfigurasi Elektron di Kamar Kost-ku. Berdasarkan hasil evaluasi dan refleksi, kegiatan webinar ini sangat membantu guru-guru dalam memperkaya wawasan dan inspirasi untuk mengembangkan kegiatan pembelajaran yang inovatif di kelas.
References
Azhima, I., Meilanie, R. S. M., & Purwanto, A. (2021). Penggunaan media flashcard untuk mengenalkan matematika permulaan pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2008-2016.
Gunawan, Y. I. P., & Amaludin, A. (2021). Pemanfaatan teknologi pembelajaran dalam jaringan di masa pandemi covid-19. Madaniyah, 11(2), 133-150. https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/madaniyah/article/view/195
Isnaini, E. (2022). Supervisi Klinis Pemanfaatan Pmm Peningkatan Kemampuan Guru Menyusun Modul Ajar Kelas IV SDN Sisir 01 Kecamatan Batu Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 1(3), 398-419. https://jurnal.widyahumaniora.org/index.php/jptwh/article/view/68
Izza, S., Ningrum, B. S., & Hariyati, R. T. S. (2019). Pemanfaatan webinar dalam bidang keperawatan. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 1(1), 13-20. https://doi.org/10.37287/jppp.v1i1.14
Meinarni, W. (2022). Implementasi Model Pembelajaran STEM Dalam Pembelajaran Matematika di SD. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 4(2), 109-114. https://doi.org/10.30599/jemari.v4i2.1725
Nuralita, A., Reffiane, F., & Mudzanatun, M. (2020). Keefektifan Model PBL Berbasis Etnosains Terhadap Hasil Belajar. Mimbar Pgsd Undiksha, 8(3), 457-467. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.28185
Rini, A. P. (2021). Lesson Study for Learning Community (LSLC). https://doi.org/10.36269/ta'lim.v3i01.376
Rohimat, S., & Najarudin, N. (2022). Webinar Strategi Penyelesaian Pelatihan Mandiri Kurikulum Merdeka pada Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 3(2), 94-102. https://doi.org/10.26874/jakw.v3i2.251
Rohimat, S., Sanusi, S., & Munthahanah, M. (2022). Diseminasi Platform Merdeka Mengajar Untuk Guru Sma Negeri 6 Kota Serang. ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 124-132. https://doi.org/10.47080/abdikarya.v4i2.2035
Rohimat, S., Susilo, D., & Iswarni. (2021). Webinar Mengemas Hasil Penelitian Menjadi Artikel Jurnal Ilmiah untuk Guru Kimia. ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 64-74. doi:https://doi.org/10.47080/abdikarya.v3i1.1292
Silvianita, S., & Yulianto, E. (2020). Webinar sebagai kegiatan peningkatan kompetensi widyaiswara pada masa pandemi Covid-19. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 113-119. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i2.2422
Susilowati, E. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1), 115-132. https://doi.org/10.56436/mijose.v1i1.85
Zuhri, S. (2017). Penggunaan Media Sosial Dalam Membangun Komunitas Bisnis Tangan Di Atas (TDA) Even Organizer Di Surabaya. Dinamika Governance: Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 7(2). https://doi.org/10.33005/jdg.v7i2.1206