SERI WEBINAR ISOMER: BERBAGI PRAKTIK BAIK PEMBELAJARAN INOVATIF

Authors

  • SONNY ROHIMAT SMA Negeri 6 Kota Serang
  • DWI SUSILO SMAN 1 Cileles
  • NAJARUDIN NAJARUDIN SMA Negeri 1 Padarincang
  • NURINA PUTRI SMAN 12 Kabupaten Tangerang
  • MIRDA HANUM SMAN 5 Kabupaten Tangerang
  • ANITA SIALLAGAN SMA Izada Kota Tangerang Selatan

Keywords:

webinar berbagi praktik baik, PPSKI Banten, Platform Merdeka Mengajar, Pembelajaran inovatif

Abstract

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi menyediakan fitur Komunitas pada Platform Merdeka Mengajar sebagai fasilitias untuk komunitas belajar mendaftarkan dan mensosialisasikan kegiatan webinar. Kegiatan Webinar Isomer Seri I dan II ini bertujuan untuk memfasilitasi kegiatan praktik baik pembelajaran yang telah dilakukan guru-guru, khususnya guru kimia, untuk diseminarkan kepada guru-guru lain secara virtual. Tema praktik baik yang diseminarkan berkaitan dengan pembelajaran inovatif. Kegiatan webinar dilakukan dalam dua seri yang masing-masing menghadirkan dua narasumber. Topik Webinar Isomer Seri I adalah Asyiknya Belajar dengan Etnosains STEAM dan Ice Breaking untuk Merdeka Belajar. Topik Webinar Isomer Seri II adalah Flash Card sebagai Media Alternatif Pembelajaran dan Konfigurasi Elektron di Kamar Kost-ku. Berdasarkan hasil evaluasi dan refleksi, kegiatan webinar ini sangat membantu guru-guru dalam memperkaya wawasan dan inspirasi untuk mengembangkan kegiatan pembelajaran yang inovatif di kelas.

References

Azhima, I., Meilanie, R. S. M., & Purwanto, A. (2021). Penggunaan media flashcard untuk mengenalkan matematika permulaan pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2008-2016.

Gunawan, Y. I. P., & Amaludin, A. (2021). Pemanfaatan teknologi pembelajaran dalam jaringan di masa pandemi covid-19. Madaniyah, 11(2), 133-150. https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/madaniyah/article/view/195

Isnaini, E. (2022). Supervisi Klinis Pemanfaatan Pmm Peningkatan Kemampuan Guru Menyusun Modul Ajar Kelas IV SDN Sisir 01 Kecamatan Batu Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 1(3), 398-419. https://jurnal.widyahumaniora.org/index.php/jptwh/article/view/68

Izza, S., Ningrum, B. S., & Hariyati, R. T. S. (2019). Pemanfaatan webinar dalam bidang keperawatan. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 1(1), 13-20. https://doi.org/10.37287/jppp.v1i1.14

Meinarni, W. (2022). Implementasi Model Pembelajaran STEM Dalam Pembelajaran Matematika di SD. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 4(2), 109-114. https://doi.org/10.30599/jemari.v4i2.1725

Nuralita, A., Reffiane, F., & Mudzanatun, M. (2020). Keefektifan Model PBL Berbasis Etnosains Terhadap Hasil Belajar. Mimbar Pgsd Undiksha, 8(3), 457-467. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.28185

Rini, A. P. (2021). Lesson Study for Learning Community (LSLC). https://doi.org/10.36269/ta'lim.v3i01.376

Rohimat, S., & Najarudin, N. (2022). Webinar Strategi Penyelesaian Pelatihan Mandiri Kurikulum Merdeka pada Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 3(2), 94-102. https://doi.org/10.26874/jakw.v3i2.251

Rohimat, S., Sanusi, S., & Munthahanah, M. (2022). Diseminasi Platform Merdeka Mengajar Untuk Guru Sma Negeri 6 Kota Serang. ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 124-132. https://doi.org/10.47080/abdikarya.v4i2.2035

Rohimat, S., Susilo, D., & Iswarni. (2021). Webinar Mengemas Hasil Penelitian Menjadi Artikel Jurnal Ilmiah untuk Guru Kimia. ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 64-74. doi:https://doi.org/10.47080/abdikarya.v3i1.1292

Silvianita, S., & Yulianto, E. (2020). Webinar sebagai kegiatan peningkatan kompetensi widyaiswara pada masa pandemi Covid-19. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 113-119. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i2.2422

Susilowati, E. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1), 115-132. https://doi.org/10.56436/mijose.v1i1.85

Zuhri, S. (2017). Penggunaan Media Sosial Dalam Membangun Komunitas Bisnis Tangan Di Atas (TDA) Even Organizer Di Surabaya. Dinamika Governance: Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 7(2). https://doi.org/10.33005/jdg.v7i2.1206

Downloads

Published

2023-06-01

How to Cite

ROHIMAT, S., SUSILO, D., NAJARUDIN, N., PUTRI, N., HANUM, M., & SIALLAGAN, A. (2023). SERI WEBINAR ISOMER: BERBAGI PRAKTIK BAIK PEMBELAJARAN INOVATIF. Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia SEAN (ABDIMAS SEAN), 1(02), 40–45. Retrieved from https://jurnal.seaninstitute.or.id/index.php/abdimas/article/view/123