IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI HAFALAN AL-QUR’AN SISWA KELAS 3 MI TAUFIQIYAH SEMARANG
Keywords:
Al-Qur’an, Tahfidz, Takhasus, Motivasi, HafalanAbstract
Salah satu pembelajaran alquran adalah tahfidzul Quran, yaitu pembelajaran alquran dengan cara menghafal ayat-ayat yang ada didalamnya. Saat ini banyak lembaga pendidikan yang sudah menjalankan program tahfidzul Quran ini dalam rangka mengajarkan al-quran sebagai pedoman hidup. Begitu juga dengan MI Taufiqiyah Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk memahami proses pelaksanaan kelas takhasus sebagai kelas penghafal alquran di MI Taufiqiyah Semarang. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan reduksi data (Data Condensation), penyajian data (Data Display), dan verifikasi data (Data Verification). Persiapan yang dilakukan sebelum dimulainya kelas tahfidz setiap harinya. Takhasus atau tahfidz al-quran mulai dilaksanakan dari 4 tahun yang lalu sebagai program yang membantu siswa terkait target hafalan yang di berikan kepada lulusan MI Taufiqiyah Semarang. hambatan yang dialami oleh siswa kelas 3 Takhasus yaitu terkait kemampuan hafalan yang menurun, terkadang terdapat siswa yang hanya mampu menghafalkan 1 ayat dalam setiap pertemuannya.
References
Hidayat, Bahril. 2017. “Pendidikan Anak Usia Dini menurut Islam.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan 5 (3): 29–38. https://doi.org/10.32729/edukasi.v5i3.138.
Mukarromah, Hanifatul, dan Anita Pujiastutik. 2021. “Analysis of Student Interest in Tahfidz Qur’an Extracurricular at Elementary School.” Academia Open 6: 1–10. https://doi.org/10.21070/acopen.6.2022.2249.
Mushfi, Muhammad, El Iq, Muhammad Arifin, dan Ainul Fatah. 2023. “Pengelolaan Program Tahfidz Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca d an Menghafal Al Qur ’ an” 9 (2): 534–40. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4835.
Rijali, Ahmad. 2018. “Analisis Data Kualitatif.” Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 17 (33): 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374.
Safira, Dina, dan Arsan Shanie. 2022. “Implementasi Pembelajaran Bilingual Pada Siswa Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Al-Mustafa Semarang.” BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 4 (1): 1–13. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.553.