PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DAN MENGATASI KENAKALAN SISWA (Studi Kasus Di SMA Ma’arif NU Pandaan)

Authors

  • Antlata Digi Maulana Syah Universitas Yudharta Pasuruan

Keywords:

Peran Guru Bimbingan Konseling,, Karakter Disiplin Siswa,, Kenakalan Siswa,, SMA Ma'arif NU Pandaan

Abstract

Fase remaja saat SMA yakni proses mencari jati diri, yang membuat siswa terpengaruh hal negatif dari pergaulannya di sekolah maupun di lingkungan tempat tinggalnya. SMA Ma’arif NU Pandaan merupakan sekolah berbasis Islami yang bertujuan membentuk karakter yang religius. Dalam proses pembentukan karakter tersebut peran guru bimbingan konseling sangat dibutuhkan untuk membimbing siswa memiliki karakter yang baik, sekaligus mengatasi kenakalan siswa. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk memaparkan suatu gejala atau keadaan secara sistematis sehingga subjek penelitian menjadi jelas. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendiskripsikan mengenai “Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Pembentukan Karakter Siswa Dan Mengatasi Kenakalan Siswa (Studi Kasus Di SMA Ma’arif NU Pandaan)” Sesuai dengan tujuan tersebut melalui pendekatan kualitatif ini dan jenis penelitian deskriptif ini, baik lisan maupun tulisan dari berbagai sumber data yang diperoleh dari narasumber. Hasil dari penelitian ini yakni mendeskripsikan informasi yang didapat dari berbagai narasumber yang berfokus pada (1) Bentuk-bentuk kenakalan siswa di SMA Ma’arif NU Pandaan, (2) Peran guru bimbingan konseling dalam upaya mengatasi kenakalan siswa di SMA Ma’arif NU Pandaan, (3) Hambatan-hambatan guru bimbingan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa di SMA Ma’arif NU Pandaan, (4) Peran guru bimbingan konseling dalam pembentukan karakter disiplin siswa di SMA Ma’arif NU Pandaan.

References

Ibnudin, Konsep Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa (Studi Kasus Di MTs Al-Gozali Jatibarang Kabupaten Indramayu), Al-Afkar: Journal For Islamic Studies, Vol: 02, No: 02, 2019.

Syaipudin, L. (2023). Teacher Learning Strategies In Shaping Student Character In Islamic Cultural History Lessons At SMP 45 Latukan Karanggeneng Lamongan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(02), 57–65

Moleong Lexy J, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010).

Nisa Afiatin, Analisis Kenakalan Siswa Dan Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan Konseling, Jurnal Edukasi, Vol: 04, No: 02, 2018.

Simarmata, A. T., Syafitri, E., Tesalonika, T., Ervia, D. V., & Amin, R. (2023). The Effect Of Using Image Media In Learning Literature On Increasing The Reading Interest Of Elementary Students 106810 Sampali Percut Sei Tuan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(02), 66–68.

Sudjana Nana, Penelitian dan Perilaku Pendidikan, (Bandung: Sinar Baru, 2007).

Suroso Ayu Santika, Salehudin Mohammad, Optimalisasi Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Pembentukan Karakter Siswa, Risalah, Vol: 07, No: 01, 2021.

Yanny, A. (2022). PELATIHAN KEPEMIMIPINAN BAGI PENGURUS OSIS SMU PARULIAN I MEDAN . Multidisiplin Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), 6–9.

Downloads

Published

2023-06-21

How to Cite

Digi Maulana Syah, A. (2023). PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DAN MENGATASI KENAKALAN SISWA (Studi Kasus Di SMA Ma’arif NU Pandaan). Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia SEAN (ABDIMAS SEAN), 1(02), 60–66. Retrieved from https://jurnal.seaninstitute.or.id/index.php/abdimas/article/view/142