PERAN MAHASISWA ASISTENSI MENGAJAR PROGRAM KAMPUS MERDEKA DI SMA NEGERI 15 PEKANBARU
Keywords:
Kampus Merdeka, Asistensi Mengajar, Sekolah Menengah AtasAbstract
Asistensi Mengajar merupakan salah satu program dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka atau yang dikenal sebagai MBKM. Program ini dibuka dengan tujuan memberikan kesempatan mahasiswa belajar dengan mengembangkan diri di luar kampus melalui Asistensi Mengajar di satuan Pendidikan tingkat sekolah menengah di bawah bimbingan dosen pembibing lapangan. Metodologi pelaksanaan Asistensi Mengajar yang dilaksanakan mahasiswa Universitas Riau di SMAN 15 Pekanbaru adalah metode observasi, metode ini dipilih karena peneliti melihat objek yang diteliti secara langsung. Selama pelaksanaan kegiatan asistensi mengajar di SMA Negeri 15 Pekanbaru, mahasiswa asistensi telah berperan serta berpartisipasi dalam berbagai program yang ada di SMA Negeri 15 Pekanbaru baik akademik, non akademik, formal, maupun non-formal diantaranya yaitu: Mengajar, membuat perangkat pembelajran, berpartisipasi dalam administarsi yang ada disekolah, dan berpartisispasi disetiap kegiatan yang ada disekolah. Secara menyeluruh kegiatan Asistensi Mengajar yang dilaksanakan mahasiswa Universitas Riau berjalan dengan baik.
References
Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–220. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.221
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI
Ladjar, M. A. B. (2021). Optimalisasi Pemahaman Mahasiswa Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Penjasorkes Melalui Strategi Pembelajaran Daring. Akademisi dan Jurus Jitu Pembelajaran Daring,
Masruroh, S., Supiana, S., & Zaqiah, Q. Y. (2022). Kebijakan Pendidikan Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Universitas Buana Perjuangan Karawang. J-STAF (Siddiq, Tabligh, Amanah, Fathonah), 1(1), 100-113.
Mulyana. dkk. (2022), Evaluasi Dampak Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Pada Bidang Studi Akuakultur., Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1551-1564.
Santoso, H.D., Dkk. (2022). Asistensi mengajar, Adaptasi Teknologi, dan Administrasi dalam Program Kampus Merdeka. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana Mengabdi Untuk Negeri, 4(2), 100-105. http://dx.doi.org/10.32493/j.pdl.v4i2.18220
Setiawan, Adi., Amin Suryani & Destriana Kurniawati. (2023). Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Mendorong Pembaruan Pendidikan Tinggi di Indonesia. Humantech: Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 2 (5), 905-913
Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep kampus merdeka belajar di era revolusi industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 141-157. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.13
Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34-41.https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i1.458
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&d dan Penelitian Pendidikan). Metode Penelitian Pendidikan, .
Syah, A. D. M., dkk. (2023). Impelementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Asistensi Mengajar di SMA Sejahtera Prigen. ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 34-43.