POLA PEMBINAAN KEPRIBADIAN DAN KEMANDIRIAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEREMPUAN KELAS IIA TANGERANG

Authors

  • Aliyah Ravena Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Arini Rizqi Musyafa Ridha Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ila Rosmilawati Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Keywords:

Lapas, Pembinaan kepribadian, pembinaan kemandirian

Abstract

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) adalah tempat warga binaan pemasyarakatan dibina. Seluruh warga binaan berhak dan memilih hak yang sama untuk mendapatkan pembinaan di dalam lembaga pemasyarakatan. Berdasarkan uraian tersebut, artikel ini diharapkan mampu memberikan informasi kepada khalayak umum tentang bagaimana pembinaan di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II A Tangerang dilakukan serta mampu membawa persepsi positif kepada para pembaca untuk tidak mendiskriminasikan para mantan narapidana setelah terjun ke dalam masyarakat. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan observasi dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa pembinaan kepribadian dan kemandirian adalah dua bagian dari program pembinaan di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA  Tangerang. Pembinaan kepribadian ditunjukkan untuk membina kepribadian para warga binaan pemasyarakatan agar menjadi peribadi yang lebih baik, bertanggung jawab dan menjadi warga negara yang baik sedangkan pembinaan kemandirian ditunjukkan sebagi modal untuk para warga binaan pemasyarakatan dalam bekerja atau membuka usaha sehingga setelah masa tahanan mereka selesai. Pembinaan kepribadian berupa kegiatan kebugaran jasmani, kegiatan rohani, kegiatan peduli lingkungan, dan layanan komunikasi. Sedangkan pembinaan kemandirian berupa kegiatan pelatihan diantaranya sulam pita, sulam benang, merajut, menjahit, salon, dan tata boga.

References

Anonym. (2022). Tujuan, Fungsi dan Sasaran Pemasyarakatan_Yogyakarta_https://lapaswirogunan.com/profil/tujuan-fungsi-sasaran-pemasyarakatan/#:~:text=Sasaran%20Pembinaan%20dan%20Pembimbingan%20agar,Kualitas%20sikap%20dan%20perilaku. Diakses pada Desember 2023.

Anwaliya, A., Hoerniasih, N., & Dewi, R.S. (2022). Pelatihan Tata Boga Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berwirausaha di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 7(1).

Bahroini, N. F. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan di Kelas XI Jasa Boga SMK Negeri 7 Malang. Universitas Muhammadiyah Malang.

BPK RI. https://peraturan.bpk.go.id/Details/218804/uu-no-22-tahun-2022. Diakses pada Desember 2023.

Equatora, Muhammad Ali. (2018). Efektivitas Pembinaan Kemandirian Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Wirogunan Yogyakarta, 1(1), 20-26.

Fadilah, A., & Anwar, U. (2022). Analisis Strategi Pembinaan Bagi Narapidana Lanjut Usia di Lapas Kelas IIA Bengkulu. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 10(2), 1-8.

Irda, A. N., Fitriana., & Dewi, R. (2021). Aplikasi Sulaman Benang Pada Busana Casual Wanita. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 6(3), 73-81.

Ismail, M. J. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Menjaga Kebersihan di Sekolah. Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 59-68.

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Daerah Istimewa.

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah. Pembinaan WBP. https://lapasbaubau.kemenkumham.go.id/faq/pembinaan-wbp#:~:text=PEMBINAAN%20NARAPIDANA%20DAN%20HAK%20NARAPIDANA%20Pembinaan%20adalah%20kegiatan%20untuk%20meningkatkan,dalam%20maupun%20di%20luar%20Lapas. Diakses pada Desember 2023.

Kusuma, Heru Budi. (2020). Pelatihan Sulam Pita Bagi Warga Rusunawa Jatinegara Kaum, Klender Jakarta Timur. Abdimas Dewantara, 2(1), 29-42.

Meliani, Euis Rara. (2021). Pembinaan Kepribadian Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan di MTS Mathlaul Anwar Napal Kecamatan Bulok Kabupaten Tanggamus. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Mujati, M., dan Budiartati, E. (2017). Kegiatan Pembinaan Rohani dalam Upaya Mengubah Perilaku Sosial Peserta Rehabilitas Narkoba. Journal on Nonformal Education and Community Empowerment, 1(2), 146-151.

Purna, S. K., Kardiyanto, D. W., & Angga, P.D. (2020). Kerangka Pembinaan Olahraga Disabilitas. Sidoarjo: Zifatma Jawara.

Samosir, C. D. (2016). Penologi dan Pemasyarakatan. Bandung: Nuasa Aulia.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabet.

Utami, D. A., & Hidayah, D. U. (2019). Perancangan Tutorial Teknik-Teknik Dasar Merajut Berbasis Website. Jurnal SIFO Mikroskil, 20(2), 169-176.

Utariyani, Rizka & Maskun. (2016). Pengaruh Pelatihan Tata Boga Terhadap Sikap Berwirausaha Warga Belajar di SKB (Sanggar Kegiatan Belajar).

Widjiningsih. (1982). Desain Hiasan Busana dan Lenan Rumah Tangga. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Ravena, A., Musyafa Ridha, A. R., & Rosmilawati, I. (2023). POLA PEMBINAAN KEPRIBADIAN DAN KEMANDIRIAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEREMPUAN KELAS IIA TANGERANG. Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia SEAN (ABDIMAS SEAN), 2(01), 35–45. Retrieved from https://jurnal.seaninstitute.or.id/index.php/abdimas/article/view/391