PEMBUATAN MAJALAH DINDING (MADING) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN LITERASI DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KABUPATEN PANDEGLANG

Authors

  • Mia Amelia Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Mila Amalia Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Herlina Siregar Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Keywords:

Majalah dinding, Literasi, Kreativitas, Sanggar Kegiatan Belajar

Abstract

Salah satu aspek penting yang harus dimiliki oleh peserta didik adalah kemampuan dalam literasi. Literasi adalah kemampuan seorang individu dalam membaca, menulis, berbicara dan berhitung. Peningkatan literasi bagi peserta didik dapat dilakukan melalui lembaga pendidikan nonformal Sanggar Kegiatan Belajar yang terletak di Kabupaten Pandeglang. Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Pandeglang sebagai tempat bagi peserta didik untuk belajar ilmu pengetahuan dan sebagai lulusan yang setara dengan pendidikan formal. Melalui Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Pandeglang peningkatan kemampuan literasi dilakukan dengan pembuatan majalah dinding. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pembuatan majalah dinding sebagai upaya peningkatan literasi dan kreativitas peserta didik di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Pandeglang. Penelitian ini menggunkan metode kualitatif dengan memahami dan mengamati fenomena di sekitar yang dituliskan dalam kata-kata. Serta menggunakan teknik observasi dengan melakukan pengamatan secara langsung ditempat objek penelitian. Tahapan pembuatan majalah dinding (mading) sebagai upaya peningkatan literasi dan kreativitas peserta didik di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Pandeglang terdiri dari tiga tahap yaitu 1) tahap persiapan, 2) tahap pembuatan, 3) tahap pelaksanaan. Hasil yang didapatkan dari kegiatan ini adalah peserta didik dapat meningkatkan literasi dan kreativitas, terbukti dengan keikutsertaan peserta didik dalam menghasilkan karya berupa poster, dari adanya pembuatan majalah dinding. Kesimpulannya majalah dinding merupakan salah satu media komunikasi yang digunakan untuk penyempaian informasi dan sebagai sarana peserta didik untuk memajang hasil karyanya sehingga membantu peserta didik dalam peningkatan literasi dan kreativitas di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Pandeglang

References

Baroroh, A. Z. T., Yuliani, E., Arum, F., & Fuaida, E. W. (2021). Pengaruh Mading Kelas Terhadap Peningkatan Budaya Literasi Pada Siswa DI MI/SD: Pengertian Mading, fungsi Mading, manfaat Mading, karakteristik Mading, langkah-langkah membuat mading. In SEMAI: Seminar Nasional PGMI, 1(1), 763-774).

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54.

Fadhli, K., Nasrulloh, M. F., Huda, M. F., Latifah, S., Putri, S. E., & Prasasti, M. A.(2023). Peningkatan Literasi Siswa melalui Edugames dengan Mading Art Question. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat 4(1), 40-46.

Fahira, N. V., & Ritonga, F. U. (2023). Meningkatkan Minat Baca dan Kreativitas Siswa melalui Kegiatan Kampus Mengajar (Program Literasi dan Mading Karya Sekolah). Kreativitas Pada Pengabdian Masyarakat (Krepa), 1(5), 30-40.

Hasanah, H. (2017). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial). At-Taqqaum, 8(1), 21-46.

Irma, C. N. (2019). Implementasi Literasi Baca Tulis Melalui Majalah Dinding Sebagai Aktualisasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Konferensi Nasional Bahasa dan Sastra V, 5(1), 88-94.

Mazhud, N., Akidah, I., & Rahmawati, S. (2023). Menumbuhkan Kreativitas melalui Pelatihan Membuat Mading Digital Siswa MA Wihdatul Ulum. Madaniya, 4(1), 425-434.

Pratama, E. D., Mahardika, D. A., & Andreas, R. (2022). Peningkatan Literasi dan Kreativitas Siswa Melalui Kegiatan Mading di SDN 2 Binade. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 93-102.

Rokmana, R., Fitri, E. N., Andini, D. F., Misnawati, M., Nurachmana, A.,Ramadhan,I. Y., & Veniaty, S. (2023). Peran Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik di Sekolah Dasar. Journal of Student Research, 1(1), 129-140.

Rosmilawati, I., & Darmawan, D. (2020) Literasi Keluarga pada Suku Baduy: Sebuah Studi Etnografi. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 8(2), 92-102

Downloads

Published

2023-12-18

How to Cite

Amelia, M., Amalia, M., & Siregar, H. (2023). PEMBUATAN MAJALAH DINDING (MADING) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN LITERASI DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KABUPATEN PANDEGLANG . Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia SEAN (ABDIMAS SEAN), 2(01), 28–34. Retrieved from https://jurnal.seaninstitute.or.id/index.php/abdimas/article/view/392