MENCIPTAKAN PELUANG USAHA WARGA KELURAHAN RUNGKUT KIDUL MELALUI PELATIHAN MINUMAN KEKINIAN
Keywords:
Peluang usaha, inovasi, pelatihanAbstract
Minuman kekinian adalah minuman yang sedang populer dan tren di kalangan konsumen saat ini. Minuman kekinian sendiri sering kali menawarkan kombinasi unik dari rasa, presentasi, dan kadang-kadang manfaat kesehatan yang menjadi daya tarik bagi konsumen modern. Minuman kekinian sering kali mencakup berbagai kategori, termasuk minuman non-alkohol seperti minuman berbahan dasar the, kopi, dan sirup. Di Kelurahan Rungkut Kidul sendiri masih banyak UMKM yang menjual minuman dalam kemasan sachet. Dengan adanya pelatihan ini mereka juga dapat mencakup inovasi dalam hal metode penyajian, misalnya minuman dengan tampilan yang menarik atau penggunaan teknologi khusus dalam pembuatannya. Metode penelitian ini melibatkan serangkaian pelatihan praktis yang difokuskan pada teknik pembuatan minuman kekinian, penggunaan bahan-bahan inovatif, dan strategi pemasaran yang efektif. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara dengan peserta pelatihan, dan analisis kualitatif terhadap minuman yang dihasilkan. Keseluruhan, minuman kekinian merupakan respons terhadap permintaan pasar yang terus berubah, menawarkan variasi dan inovasi untuk menarik minat konsumen yang semakin cerdas dan cenderung mencari pengalaman baru dalam konsumsi minuman. Dengan melibatkan masyarakat setempat dalam pelatihan ini, diharapkan dapat terjadi peningkatan kemandirian ekonomi di tingkat lokal. Pelatihan Minuman Kekinian di Kelurahan Rungkut Kidul diharapkan dapat menciptakan sinergi antara potensi lokal, inovasi bisnis, dan kearifan lokal, sehingga dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan ekonomi masyarakat setempat.
References
Ernawati, W. D., Nurftriasih, D. M., Wijayanti, R., Zandra, R. A. P., & Oktavia, F. Z. F. (2021). PELATIHAN USAHA MINUMAN “KEKINIAN” UNTUK MENINGKATKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN SANTRI PPSQ ASY-SYADZILI. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 8(2), 109-115.
Latief, Jamil. (2017). Kewirausahan (Kiat Sukses Menjadi Wirausaha).
Megawati, E., Utami, S. R. L., Hajar, N., & Hidayat, A. W. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Terhadap Sentra Pengolahan Kerupuk Petis Ikan Dan Udang Di Kendal. Literacy, 2(2), 52.
Ritonga, N., Ritonga, S. I., Rohani, A., Irwanda, D., Chairani, Y. H., & Sari, U. I. (2023). Pengembangan Usaha UMKM Minuman Kekinian “Milk Jelly Drink (MJD)” di Desa Lingga Tiga. Zam-Zam: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 47-52.
Rizki, S. S., & Nawawi, Z. M. (2022). Membuka Usaha Minuman Kekinian (THAI TEA) untuk Meningkatkan Jiwa Kewirausahaan bagi Mahasiswa yang Mengalami Pembelajaran Daring (Studi Kasus Kedai Mythaitea Lokasi Markanding, Kec Bahar Utara, Kab Muaro Jambi, Jambi 36366). JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen, 2(1), 1541-1546.
Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha mikro kecil dan menengah) di Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 6(1), 51–58.
Veronica, M. T., & Ilmi, I. M. B. (2020). Minuman kekinian di kalangan mahasiswa Depok dan Jakarta. Indonesian journal of health development, 2(2), 83-91.
Wijayanti, K. D., Ariyanto, A., & Sudarsono, A. (2022). MENUMBUHKAN MINAT WIRAUSAHA MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN MINUMAN KEKINIAN. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Jotika, 2(1), 7-11.
Yusila, P. E. P. W. (2016). PERANAN PEMBINAAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (PKK) DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN SIKAP KEKELUARGAAN MASYARAKAT KELURAHAN MANISREJO KOTA MADIUN. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(2), 469. https://doi.org/10.25273/citizenship.v4i2.1079