PERANAN ETIKA BISNIS UMKM DALAM BERINOVASI

Authors

  • Titah Rahmawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Fery Citra Febriyanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Erliana Erliana Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

Keywords:

Etika Bisnis, Inovasi, UMKM

Abstract

Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan oleh tim dosen Universitas Pamulang, khususnya dari Program Studi Akuntansi Perpajakan dan Akuntansi, bertujuan untuk memberikan edukasi tentang pentingnya etika bisnis dalam inovasi UMKM kepada KUBE Wanita UMKM Pamulang Estate. Data menunjukkan bahwa lebih dari 50% UMKM di Indonesia didirikan oleh wanita, berkontribusi signifikan terhadap perekonomian lokal. Edukasi ini menekankan perilaku bisnis yang etis, termasuk transparansi, tanggung jawab lingkungan, dan kejujuran dalam promosi produk. KUBE Wanita UMKM Pamulang Estate yang mayoritas bergerak di bidang kuliner, telah memanfaatkan platform digital seperti Shopee, WhatsApp, Instagram, dan Tiktok untuk memperluas jangkauan pasar. Namun, beberapa pelaku UMKM masih menghadapi kendala dalam memahami dan menerapkan etika bisnis. Hasil dari kegiatan PKM ini menunjukkan peningkatan pemahaman pelaku UMKM tentang pentingnya etika bisnis dan inovasi, yang diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan keberlanjutan usaha mereka. Dengan menerapkan perilaku bisnis yang etis dan memanfaatkan teknologi digital, UMKM dapat membangun reputasi yang baik dan meningkatkan kepercayaan konsumen, serta berkontribusi pada pembangunan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

References

Agoes, Sukrisno dan I Cenik Ardana. 2014. Etika Bisnis dan Profesi Tantangan Membangun Manusia Seutuhnya. Edisi Revisi. Jakarta : Salemba Empat

Aprianti, Kartin, dkk. 2023. Sosialisasi Pentingnya Etika Bisnis Dalam Aktivitas Produksi UMKM Rengginang Di Kelurahan Rontu Kota Bima. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, Vol.2, No.2, Mei 202, Hal 204-209.

Ardiansyah, Panji. 2020. Etika Bisnis Bagaimana Membangun Bisnis yang Beretika. Yogyakarta : Quadrant.

Asiati, Devi, dkk. 2020. UMKM Dalam Era Transformasi Digital. Jakarta : Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Ayodya, Wulan. 2020. UMKM 4.0. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo

Bengu, Hany, dkk. 2024. Penerapan Etika Bisnis Dalam Kegiatan UMKM Di Era Digital. TIMOR CERDAS – Jurnal Teknologi Informasi, Manajemen Komputer dan Rekayasa Sistem Cerdas, Vol.2, No.1, No. 2024, Hal 1 -7.

Bertens, K.. (2013). “Pengantar Etika Bisnis”. Yogyakarta: Kanisius

Hermawan, Daniel. 2023. Inovasi Dalam UMKM : Peluang, Tantangan, dan Keberlanjutan. Yogyakarta : Deepublish.

Keppres RI No. 19 Tahun 1998

Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Pelindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

Setiadi Wijaya, Nikodemus Hans, dkk. 2020. Etika Bisnis, Panduan Bisnis Berwawasan Lingkungan Bagi Profesional Indonesia. Yogyakarta : Andi Offset.

Undang-Undang No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja

Undang-Undang No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah

Downloads

Published

2024-08-01

How to Cite

Rahmawati, T., Febriyanto, F. C., & Erliana , E. (2024). PERANAN ETIKA BISNIS UMKM DALAM BERINOVASI. Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia SEAN (ABDIMAS SEAN), 2(02), 72–78. Retrieved from https://jurnal.seaninstitute.or.id/index.php/abdimas/article/view/574