PENGUATAN TATA KELOLA ORGANISASI INTRA SEKOLAH (OSIS) DI LEMBAGA PENDIDIKAN YAYASAN ALDIANA NUSANTARA (YAN) CIPUTAT–TANGERANG SELATAN
Keywords:
Tata Kelola, Organisasi Siswa, PemahamanAbstract
Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) merupakan wahana sangat penting untuk membangun keterampilan kepemimpinan dan pengelolaan organisasi bagi siswa. Tata kelola yang baik di organisasi OSIS merupakan aspek krusial sebagai penentu keberhasilan pimpinan OSIS dan anggotanya membawa organisasi mencapai tujuan yang diharapkan. Serta tata kelola yang baik, menentukan efektivitas an efisiensi pengelolaan organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mengembangkan strategi penguatan tata kelola Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dalam rangka meningkatkan efektivitas dan efisiensi organisasi. Metode penelitian yang digunakan meliputi paparan materi Tata kelola organisasi yang baik, pembelian pelatihan berorganisasi yang mengarah pada penerapa tata kelola. Dilanjutkan menerapkan metode SWOT guna menilai kelebihan dan kelemahan pengelolaan OSIS oleh para pimpinannya. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) oleh dosen-dosen STIE Ganesha Ciputat, adalah peningkatan pemahaman tentang tata kelola organisaasi yang baik, khususnya di lingkunagan OSIS.
References
F. S. S. Sinaga, E. Winangsit, and A. D. Putra, “Pendidikan, Seni, dan Budaya: Entitas Lokal dalam Peradaban Manusia Masa Kini,” Virtuoso J. Pengkaj. dan Pencipta. Musik, vol. 4, no. 2, pp. 104–110, 2021, doi: 10.26740/vt.v4n2.p104-110.
P. Salsabila, R. P. Ali, S. N. Jannah, and M. Basri, “Pengabdian Masyarakat Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini Uin Su Untuk Mengembangkan Motorik Dan Menjaga Kerjasama Di Masyarakat Di Desa Punden Rejo,” J. Hum. Educ., vol. 3, no. 4, pp. 522–528, 2023.
A. Septy, “Strategi Pengambangan Pendidikan Bela Negara dalam Konteks Persaingan Global dan Revolusi Industri 4 . 0,” Makal. disiapkan dalam rangka TOT Pendidik. Bela Negara 2019 Kwartir Nas. Gerak. Pramuka, Cibubur – Jakarta 11 – 13 Desember 2019, no. February, pp. 0–10, 2019.
A. S. Salsabilah, D. A. Dewi, and Y. F. Furnamasari, “Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 5, no. 3, pp. 7158–7163, 2021.
B. Y. A. Aziizu, “Tujuan Besar Pendidikan Adalah Tindakan,” Pros. Penelit. dan Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 2, pp. 295–300, 2015, doi: 10.24198/jppm.v2i2.13540.
D. Rahmat, T. Yang, and M. Esa, “Menemukan kesalahan ketik dalam dokumen? Klik di sini untuk perbaikan. www.hukumonline.com,” vol. 1969, no. 1, pp. 1–24, 2008.
Z. Suriono, U. Islam, and N. Sumatera, “ALACRITY : Journal Of Education,” vol. 1, no. 20, pp. 94–103, 2021.