PELATIHAN DAN WORKSHOP PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DI SMK SASMITA JAYA 1 PAMULANG TANGERANG SELATAN
Keywords:
Perangkat, Pembelajaran, Guru SMKAbstract
Pembelajaran abad 21, guru dapat melakukan perubahan yaitu merubah pola pembelajaran tradisional yang berpusat pada guru menjadi pola pembelajaran yang berpusat pada siswa. Oleh sebab itu, perlu adanya perubahan paradigma berpikir dengan kegiatan pelatihan kepada guru-guru terkait perubahan perangkat pembelajaran abad 21 berbasis merdeka belajar tersebut. Tujuan pengabdian adalah Mampu menyusun RPP/modul ajar mata pelajaran yang diampunya, mampu menyusun perangkat asesmen mata pelajaran yang diampunya, mampu menerapkan model pembelajaran inovatif pada mata pelajaran yang diampunya dan mampu melakukan refleksi hasil pembelajaran yang diampunya. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan maka masih terdapat guru yang belum memahami sepenuhnya mengenai penyusunan prangkat pembelajaran secara utuh. Dengan diberikannya Pelatihan dan Workshop Penyusunan Perangkat Pembelajaran pada kurikulum merdeka, kemampuan guru meningkat dalam mengembangkan perangkat pembelajatan pada kurikulum merdeka.
References
M. Ali and M. Asrori, Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
D. R. Anderson, D. Krathwohl, and B. S. Bloom, A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. Longman, 2001.
S. Ahmad, "Problematika kurikulum 2013 dan kepemimpinan instruksional kepala sekolah," Jurnal Pencerahan, vol. 8, no. 2, 2014.
Y. Anggraena, et al., Kajian Akademik: Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Kemdikbud, Jakarta, 2022.
Badan Standar Kurikulum dan Standar Asesmen Kemdikbud Ristek, Kajian Akademik Kurikulum Merdeka, 2024.
Balitbang Kemendikbud, Kajian Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, 2019.
A. Beatty, B. Emilie, B. Luhur, P. Menno, and D. Suryadarma, "Schooling progress, learning reversal: Indonesia’s learning profiles between 2000 and 2014," International Journal of Educational Development, vol. 85, 2021, Art. no. 102436.
C. Bjork, High-Stake Schooling: What We Can Learn from Japan’s Experiences with Testing, Accountability, and Education Reform. Chicago, IL: The University of Chicago Press, 2016.
E. Mulyasa, Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Remaja Rosdakarya, 2014.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, "Permendikbud Nomor 17 Tahun 2017 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada TK, SD, SMP, SMA, SMK, atau Bentuk Lain yang Sederajat," 2017.
P. Solihin, U. Rahmah, "Regulasi guru dalam meningkatkan kreativitas pembelajaran," Pusat Penelitian Kebijakan, 2019.
Surat Keputusan Kepala BSKAP Nomor 028/H/KR/2023 tentang Satuan Pendidikan Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2023/2024.